LAPORAN
PRAKTIK KERJA INDUSTRI (PRAKERIN)
DI KANTOR KELURAHAN SAMBEK
Laporan ini diajukan sebagai syarat untuk melengkapi
kegiatan
Praktek Kerja Industri (PRAKERIN)
Tahun pelajaran 2014/2015
Oleh :
NAMA :
SABDA BA’DA WIRAWA
NIS :
KELAS :
XII RPL II
PROGRAM KEAHLIAN :
REKAYASA PERANGKAT LUNAK (RPL)
YAYASAN AL-ASY’ARIYYAH
SMK TAKHASSUS AL-QUR’AN WONOSOBO
REKAYASA PERANGKAT LUANK
2015
LEMBAR PENGESAHAN
Laporan ini telah disetujui oleh :
Pembimbing Sekolah :
M. Haiyan Azziyad, S.Kom
Kaprodi RPL : M. Nur Faizin, S.Kom
Dan disahkan oleh :
WK3 :
Wahyu Sutanto, S.Pd
pada tanggal
Menyetujui,
Pembimbing
M.
Haiyan Azziyad, S.Kom
|
Kaprodi
RPL
M.
Nur Faizin, S.Kom
|
Mengesahkan,
WK3
Wahyu
Sutanto, S.Pd
|
KATA PENGANTAR
Alhamdulillah
puji dan syukur kehadirat ALLAH SWT yang telah melimpahkan rahmat serta
hidayahnya,sehinga penyusun laporan PRAKTEK KERJA INDUSTRI (PRAKERIN) di Kantor
Kelurahan SAMBEK ini tanpa ada halangan suatu apapun.maksud dan tujuan
penyusunan laporan PRAKTEK KERJA
INDUSTRI (PRAKERIN) ini adalah untuk melengkapi persyaratan mendapatkan nilai
kenaikan kelas,ada pun penyusunan laporan PRAKTEK KERJA INDUSTRI ini berdasarkan data-data yang yang di
peroleh selama melakukan PRAKTEK KERJA INDUSTRI.dan saya ucapkan benyak terimakasih
kepada pembimbing yang telah membantu saya dalam melaksanakan PRAKERIN ini.
Saya
menyadari bahwa dalam penusunan laporan
PRAKTEK KERJA INDUSTRI (PRAKERIN) ini tidak lepas dari dukungan berbagai pihak
oleh karna itu pada kesempatan ini saya menyampaikan banya ucapan trima kasih
yang telah membantu saya menyelesaikan laporan PRAKTEK KERJA INDUSTRI
(PRAKERIN) ini.
Wonosobo, mei
2015
Sabda Ba’da Wirawa
|
DAFTAR
ISI
LEMBAR
PENGESAHAN.................................................................................
ii
KATA PENGANTAR......................................................................................... iii
DAFTAR ISI ........................................................................................................
iv
DAFTAR LAMPIRAN......................................................................................................
v
BAB I PENDAHULUAN........................................................
1
A. Latar Belakang..........................................................
1
B. Tujuan praktek kerja industri.................................... 2
C. Manfaat praktek kerja industri.................................. 2
BAB II PEMBAHASAN (ISI)...................................................
3
A. Gambaran Umum......................................................
3
1. Letak kantor kelurahan sambek.......................... 4
2. Tugas pokok dan fungsi...................................... 4
3. Struktur organisasi..............................................
5
4. Fasilitas yang dimiliki......................................... 6
5. Tupoksi lurah.......................................................
7
6. Tupoksi seklur.....................................................
7
7. Seksi-seksi...........................................................
8
B. Pembahasan...............................................................
9
BAB III PENUTUP...................................................................
10
A. Kesimpulan ............................................................ 10
B. Kritik dan saran.......................................................
10
LAMPIRAN
DAFTAR LAMPIRAN
Gambaran 1.1 kantor kelurahan sambek............................................................... 1
Gambaran 1.2 gor sambek..................................................................................... 1
Gambaran 1.3 ruang
komputer............................................................................. 1
Gambaran 1.4
ketua lurah.................................................................................... 1
Gambaran 1.5
tugas yang diberikan..................................................................... 1
Gambaran 1.6 ruang tamu..................................................................................... 2
Gambaran 1.7 didalam kantor sambek.................................................................. 2
Gambaran 1.8 photo bersama................................................................................ 2
BAB I
PENDAHULUAN
A. LATAR BELAKANG
Praktek
Kerja Industri (PRAKERIN) merupakan modal penyelenggaraan pendidikan yang
dirancang untuk memudahkan para siswa mencapai keterampilan keahlian
masing-masing.
Pendekatan
ini merupakan upaya menyesuaikan antar kebutuhan lapangan kerja dan penyedia
tenaga kerja.Dalam pelaksanaan Praktik Kerja Industri (PRAKERIN), pemberian
pengalaman belajar sebagaian di berikan sekolah dan sebagian lagi di dunia
usaha/industri.
Peraktik
Kerja Industri (PRAKERIN), adalah suatu bentuk penylenggaraan pendidikan
keahlian professional yang memadukan secara
sistematis dan sinkron antar program pendidikan di sekolah dengan
perogram pengusaha keahlian yang di peroleh melalui kegiatan bekerja langsung
di dunia usaha/industri yang bertujuan untuk memperoleh sutu keahlian
professioanal tertentu.
Selanjutnya
pada kegiatan penyelengaraan Praktek Kerja Industri di harapkan siswa memiliki
etos kerja yang baik seperti kemampuan
kerja,inisiatif,kreatifitas,produktifitas,disiplin waktu,dan prosses keja sama.
Untuk
menguji ketrampilan dan kemampuan siswa,maka di laksanakan Praktek Kerja
Industri (PRAKERIN).Tujuan di laksanakannya PRAKREIN adalah untuk memperolah
suatu ke ahlian professional tertentu.
B. TUJUAN PRAKTEK
KERJA INDUSTRI
1.
Agar siswa-siswi
dapat menambah pengetahuan dan pengalaman.
2. Agar siswa-siwi memahami apa yang di dapat di bangku
sekolah dan di tempat PRAKERIN masing-masing.
3. Agar siswa-siswi dapat menambah pengetahuan dan
pengalaman di dunia kerja.
4. Memberi peluang dan masukan untuk penempatan tamatan
dan kerja sama.
C.
MANFAAT PRAKTEK KERJA INDUSTRI
1. Menambah wawasan pengetahuan dan pengalaman di dunia
kerja.
2. Terjalin hubungan yang lebih erat antara SMK
TAKHASSUS AL-QUR’AN dengan PERUSAHAAN/INDUSTRI.Sehingga memudahkan akses lulusan
untuk mencari pekerjaan di perusahaan yang bersangkutan.
3. Perusahaan/Industri diharapkan mendapakan inovasi
sehingga perusahaan bisa lebih maju.
4. Memudahkan Perusahaan/Industri untuk mencari tenaga
kerja yang berpendidikan dan berpengalaman.
BAB II
ISI
A.
GAMBARAN UMUM
Kantor
Kelurahan Sambek ialah perasarana untuk memudahkan segala aktifitas masyarakat
yang berada di daerah kelurahan tersebut,memudahkan segala kegitan yang ada
contohnya pembangunan dan administrasi masyarakt,contohnya dalam hal
KTP,KK,PBB, Dll.
Adanya
kantor kelurahan ini benar-benar memudahkan masyarakat dalam pembinaan, antar
desa atau RT/RW.kantor kelurahan sambek ini pun memiliki
RT sebanyak 31,sedangkan RW sebanyak 12.
Adat
Kelurahan Sambek ada dua yaitu :
Lingkungan Track Dusun Sambek dan lingkingan Track
Dusun Jalan Toro.
Jumlah penduduk
Akhir februari 2015 :
4.522
Terdiri dari :
laki-laki dan perempuan
Laki-laki :
2.214
Perempuan :
2.278
1.
LETAK KANTOR KELURAHAN SAMBEK
Letak
kantor Kelurahan Sambek tereletak pada bagian barat sebelah kelurahan jarak
sari,jika dari arah selatan maka letaknya Kelurahan Melipak,dan jika dari arah
barat berseberangan dengan Desa Pacar Mulya,batas wilayah utara Kelurahan
Kejiwan dan Wonosobo barat.
2.
TUGAS POKOK DAN FUNGSI
Tugas Pokok dan fungsi kantor Kelurahan
Sambek,
Melaksanakan pelayanan masyarakat,melaksanakan atau
pembinaan untuk masyarakat.yang sudah tercantum dalam Struktur Organisasi di
Kelurahan Sambek.
3.
STRUKTUR ORGANISASI DI KELURAHAN SAMBEK
Ada
beberapa Struktu Organisasi atau suatu kelmbagaan yang terdapat di Kantor
Kelurahan Sambek yaitu :
a. KELEMBAGAAN KELURAHAN
b. RT/RW
c. PKK
d. LKMK
e. LINMAS
f. BASIS KOMONITAS
g. LPMK
h. LKM
i.
PKD
j.
IKK
k. PERPUSTAKAAN KELURAHAN
l.
PAUD
m. TK
n. SD
Fungsi Struktur atau suatu kelmbagaan ini berfungsi sebagai
kelancaran atau membentuk kelancaran kegitan pembangunan dan pembinaan bagi
masyarakat kelurahan Sambek.
4.
FASILITAS YANG DIMILIKI
Terselenggaranya administrasi dan
kelancaran tugas,di butuhkan sebagai sarana.Sarana dan fasilitas yang tersedia
di Kantor Kelurahan Sambek antara lain sbagai berikut :
a.
Gedung kantor
kelurahan sambek
b.
Gedung PKK
c.
Gedung olah raga
d.
Halaman parkir
e.
Perpustakaan
kelurahan sambek
f.
Komputer beserta
printernya
g.
Mesin tik
h.
Cap
i.
Map
j.
Straples
k.
Meja besreta
kursinya
l.
Saund sistem
m.
Wc
n.
Papan informasi
o.
Puskesmas
5.
TUPOKSI LURAH
Lurah
memiliki tugas pokok yaitu menyelenggarakan urusan Pemerintahan,pembangunaan,
dan kemasyarakatan.Untik melaksanakan tugas tersebut lurah memiliki fungsi :
a. pelaksanaan kegiatan pemerintahan kelurahan
b. pemberdayaan masyarakat
c. pelayanan masyarakat
d. penyelanggaraan kenyamanan,ketentraman masyarakat
dan ketertiban umum
e. pemeliharaan prasana dan fasilitas pelayanan umum
f. pembina lembaga masyarakat
6.
TUPOKSI SEKRETARIS LURAH (SEKLUR)
Sekretariat
memiliki tugas yang meliputi melakukan pembinaan administrasi
ketatausahaan,kepegawaian,perlengkapan kantor Kelurahan Sambek dan penjabaran
tugas sebagai berikut :
a. Menyusun rencana kegiatan penyelenggaraan
pemerintah,pelaksanaan pembangunan, dan pembinaan kemasyarakatan.
b. Menyusun rencana pengendalian dan evaluasi
pelaksanaan kegiatan-kegitan pemerintah Kelurahan.
c. Menyusun rencana pembinaan administrasi dan disiplin
kepegawaian.
d. Menyusu rencana dan pembinaanadministrasi urusan
ketatausahaan,perlengkapan, dan kantor.
e. Mengevaluasi hasil pelaksanaan dan melaporkan
pelaksanaan kegiatan kepada lurah sebaai kepertanggung jawaban pelaksanaan
tugas.
7.
SEKSI-SEKSI
Selain
ada Lurah dan Seklur ada juga beberapa Seksi-Seksi yang bertangguang jawab
dengan pekerjaannya masing-masing, Seksi – seksi ini mempunyai tugas pokok,
melakukan urusan pemerintahan, pembangunan, perekonomian dan kesejahteraan
rakyat yang ada di kelurahan Sambek.
Seksi-Seksi
tersebut terdiri dari :
a.
TUPOKSI SEKSI
PEMERINTAHAN
Seksi
Pemeritahan mempunyai tugas : Menyusun rencana dan penyiapan administrasi
penyelenggaraan tugas-tugas umum pemerintahan, pembinaan, penyelenggaran
pemerintaan dan administrasi kependudukan.
b.
TUPOSI SEKSI
EKONOMI DAN PEMBANGUNAN
Seksi
Pembangunan mempunyai tugas : Mengkoordinasi Penyusunan Rencana Dan Penyiapan
administrasi dalam rangka evaluasi dan pelaporan pelaksanaan pembangunan serta
membina potensi swadaya masyarakat.
B.
PEMBAHASAN
selama
saya melaksanakan Peraktet Kerja industri di Kantor Kelurahan Sambek,saya
banyak sekali mendapatkan pengalaman di dunia kerja.
Di
sana saya banyak sekali di ajarkan bagai mana cara kerja kelurahan
tersebut,contohnya dalam melayani atau pembinaan bagi masyarakat.selain itu
ilmu saya yaang saya palajari di sekolah benar-benar bermanfaat di tempat
Praktek Kerja Industri (PRAKERIN) saya, dalam hal bidang technologi.
Di
sana saya mendapatkan perintah untuk melakukan pelayanan masyarakat yang
melalui prantara aplikasi yang berada di komputer kantor tersebut.
Dan
saya juga diminta untuk membuatkan sebuah aplikasi yang berbasis desktop,atau Basis
Data yang digunakan untuk memasukan data pajak masyarakat kelurahan Sambek atau
data PBI.
Dan
saya juga sering mendapatkan perintah untuk mempebaiki alat electronik yang
berada di kantor tersebut,contohnya saya mendapatkan perintah untuk memperbaiki
sebuah mesin perinter dan komputer jika ada yang rusaka,dan alhamdulillah apa
yang saya pelajari disekolah benar-benar bermanfaat.
Yang
sering saya perbaiki ialah printer dan data komputer.Dan saya juga sering
mandapatkan printah untuk mendownload sesuatu.
Melaksanakan
PRAKERIN di sana benar-benar mendapatkan ilmu yang banyak tentang dunia
kerja.dan paling saya lakukan di kantor tersebut ialah memasukan data
masyarakat atau data PBB.
BAB III
PENUTUP
A.
KESIMPULAN
1.
Kedisiplinan dan
kerjasama merupakan faktor utama dalam Perkantoran demi mencapai tujuan yang
hendak dicapai.
2. Mengembangkan ilmu yang di dapat di bangku sekolah
dan di tempa PRAKERIN masing-masing.
3. SMK mencetak generasi yang siap pakai sesuai dngan
bidangnya.
B.
KREIKTIK DAN SARAN
Sebelum
melaksanakan PRAKERIN hendaknya siswa mengetahuai beberapa hal penting tentang
Perusahaan yang akan di tempati dalam melaksanakan PRAKERIN.Contoh alamat
tempat PRAKERIN dilaksanakan dan apa saja kegiatan yang di lakukan di tempat
PRAKERIN.
Selanjutnya
untuk menjalin kemitraan yang baik antara Perusahaan dengan Jurusan REKAYASA
PERANGKAT LUNAK (RPL), perlu
Komunikasi yang baik antara Sekolah dengan Perusahaan yang akan di
tuju,sehingga akan memudahkan siswa-siswinya setelah lulusnya nanti.
No comments:
Post a Comment